Pendahuluan


  Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti-nanti oleh orang yang beriman, bulan yang penuh keberkahan dari ALLAH U untuk Hamba-Hamba yang taat.
   Terkadang seorang muslim tidak luput pada dirinya kesalahan dan dosa ketika berpuasa, baik itu dari segi kelalaian didalam kesibukan hal yang mubah seperti bermain atau dari segi maksiat seperti perkataan kotor, dan atas rahmat ALLAH U disyariatkanlah zakat fitri.
Kali ini kita akan membahas apa yang dimaksud dengan zakat fitri dan bagaimana metode amalannya sesuai tuntunan Rasulullah r.

Definisi dari zakat fitri

  
  Zakat fitri adalah sebuah sedekah yang dikeluarkan oleh seorang muslim untuk dirinya atau untuk orang lain yang dilakukan pada akhir bulan ramadhan.[1]

Dalil disyariatkannya dan untuk siapa diwajibkan


  Diantara dalil yang menerangkan disyariaatkannya zakat firti:
1.    Al-qur`an:
Firman ALLAH U :
(( قد أفلح من تزكى ))


[Sesunngguhnya beruntunglah orang-orang yang membersihkan diri]. Surat al-a`la, ayat: 14
      
     Dinukilkan dari Said bin Musayyib dan Umar bin Abdul Aziz bahwa yang dimaksud dari ayat ini adalah zakat fitri [2].
1.    
      As-sunnah:
Dari ibnu Umar رضي الله عنهما dia berkata:
(( فرض رسول الله r زكاة الفطر، صاعا من تمر، أو صاعا من شعير: على العبد و الحر، و الذكر و الأنثى، و الصغير و الكبير، من المسلمين، و أمر بها أن تؤدى قبل خروج الناس إلى الصلاة )) متفق عليه.

(( Rasulullah r mewajibkan untuk membayar zakat fitri, satu Sho`dari kurma, atau satu sho` dari gandum, ( diwajibkan ) atas budak dan yang merdeka, dari laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa dari kalangan kaum muslimin, dan beliau memerintah untuk dibayar ketika sebelum keluarnya orang-orang untuk sholat (ied).)) muttafaqqun `alaihi.
Zakat fitri diwajibkan untuk seluruh kaum muslimin baik itu budak maupun merdeka, laki-laki ataupun wanita, anak-anak ataupun orang dewasa.


Hikmah disyariatkannya

  
  Adapun hikmah disyaraatkannya zakat fitri, ada 2 hikmah:
Dari Ibnu Abbas رضي الله عنهما dia berkata:
(( فرض رسول الله r زكاة الفطر طهرة للصائم من اللغو و الرفث، و طعمة للمساكين)) الحديث. رواه أبو داود و ابن ماجه
(( Rasulullah r telah mewajibkan untuk membayar zakat fitri agar membersihkan diri yang berpuasa dari hal yang tidak berguna dan hal yang kotor dan untuk memberi fakir miskin makan)) diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah.
-       Yang berkaitan dengan diri orang yang berpuasa:
1.    Pembersih dirinya dari hal yang tidak berguna dari perkataan atau perbuatan baik itu hal yang makruh maupun mubah seperti bermain.
2.    Pembersih dirinya dari hal yang kotor, yaitu perkataan kotor.
-       Yang berkaitan dengan masyarakat ialah memberi fakir miskin makan, dengan ini akan tertebarlah rasa kecintaan dan kebahagiaan dikalangan masyarakat.

Waktu mengeluarkannya


Adapun waktu untuk mengeluarkannya adalah sebelum sholat iedul fitri, berdasarkan dari hadist Ibnu Umar رضي الله عنهما :
((و أمر بها أن تؤدى قبل خروج الناس إلى الصلاة )) متفق عليه.
(( dan Beliau memerintah untuk dibayar ketika sebelum keluarnya orang-orang untuk sholat (ied).)) muttafaqqun `alaihi.

Apabila dikeluarkan setelah sholat maka dia tidak termasuk didalam zakat fitri akantetapi dia hanya sebuah sedekah biasa.
Dari Ibnu Abbas رضي الله عنهما dia berkata:
((... فمن أداها قبل الصلاة فهي زكاة مقبولة، و من أداها بعد الصلا فهي صدقة من الصدقات )) رواه أبو داود و ابن ماجه.
((... Maka barang siapa yang melaksanakannya sebelum sholat ( ied ) maka zakatnya diterima, dan apabila dia melaksanakannya setelah sholat maka itu hanya sebuah sedekah dari sedekah-sedekah )). diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah.
     Dipebolehkan juga perbolehkan membayar zakat fitri sehari atau dua hari sebelum Hari Raya Iedul Fitri.

Takaran dan Bentuk yang dizakatkan

  
  Adapun Takarannya ialah satu Sho` Nabi, 1 sho`[3] adalah 4 mud [4], sedangkan 1 mud 560 gram dari gadum yang bagus, maka 1 sho` adalah 2 ¼ kg.
   Kebanyakan Ulama sekarang banyak memberi takaran zakat fitri adalah 3kg.
   Adapun bentuk zakatnya atau dengan apa membayar yang zakat fitri, yang dizakatkan adalah seluruh makanan pokok disuatu daerah, seperti diIndonesia adalah nasi dan Saudi Arabia adalah Gandum.
   Tidak diperbolehkan membayar zakat fitri dengan uang; karena ini menyelishi perintah Nabi r dan amalan para sahabat رضوان الله عليهم .

Kepada Siapa Zakat Fitri Disalurkan?

   Zakat fitri disalurkan kepada fakir miskin dan lebih baik disalurkan kepada fakir miskin yang dekat dengannya dan lebih baik juga dia langsung yang memberikan zakatnya tersebut agar dia merasakan nikmat ALLAH U dari rizki yang diberikan kepadanya.

Penutup:
     Hanya ini saja yang bisa kami bagikan.
نسأل الله العفو و الغفران و نسأله أن يبلغنا رمضان المقبلة، آمين
صلى الله على نبينا محمد و على آله و صحبه و سلم.



Penyusun:
     Abu Nu`maan


Sumber:


[1] . Majmu` Rosail fi As-shiyam wa At-tarawih ( hlmn: 139 ).
[2] .Abdullah bin Sholeh Al-Fauzan, minhatul `allam ( 4/457 ).
[3] . Suatu volume yang dikenal dizaman nabi.
[4] . 2 genggaman orang dewasa.
[5]. Bulughul Maram, Al-Hafidz Ibnu Hajar.

Posting Komentar

 
Top